DWINURASITA HARINI: WANITA SEBAGAI PEJUANG PERADABAN BANGSA





Sudah sangat populer 21 April merupakan diantara hari bersejarah dimasa tahun lahir 1879 yaitu “Hari Kartini” ini adalah bentuk perubahan luar biasa sehngga presiden soekarno di 2 Mei 1965 beliau menetapkannya sebagai hari pahlawan ibu Kartini.
Perjuangan beliau tergugah lewat tulisan-tulisannya dengan cita-cita yang harus mengepalkan tangan dengan gairah mejadi wanita lebih maju, yang mana dimasa itu era 19 sampai 20-an wanita tidak mempunyai kebesan seprti halnya dengan masalah pendidikan. Diantara factor itulah menjadi keinginan tekad beliau untuk mejadi maotivation besar pada wanita-wanita dimasanya terutama di Jepara.
Perempuan tidak berhak mendapat kesempatan dengan memperoleh hak sama dengan kaum laki-laki, sehingga tidak mengherankan jika kegiatan wanita hanya seputar dapur, sumur dan kasur mungkin, karena dimasa itu wanita tidak mempunyai ruang gerak bagus dan tidak memiliki cakrawala yang luas sehingga peran aktuf untuk bangsa tidak ada (Dwinurasita harini, ketika ditanyakan lewat WhatsApp massanger (WA)).
Ia menambahkan juga bagaimana peran gender Kartini saat itu bahwa wanita adalah juga sebagai peran aktif menata bangsa lebih baik dalam peradaban bangsa, jadi tidak ada perbedaan pejuang dalam mengubah kehidupan Bangsa.(umi)



Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com